Ribuan Masyarakat Pantai Batuhiu Gelar Ruat Jagat Sila Saamparan

indonesiasatu, 20 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN - prosesi acara ruat Jagat sila saamparan dimulai dengan iring-iringan tumpeng dan segala jenis hasil bumi  ditandu dibawa kesebuah panggung utama di pesisir pantai, acarapun dilanjut dengan berdoa bersama, dan ditutup dengan makan sambil duduk bersila pada satu hamparan tikar yang memanjang. 

Ruat Jagat sila saamparan ini dihadiri oleh bupati Pangandaran beserta wakil bupati, beberapa pejabat di lingkup Pemkab Pangandaran, ketua MUI,  ketua  DPRD dan wakil, beberapa ormas dan LSM,  budayawan  dan tokoh masyarakat beserta undangan, di gelar di tempat parkir pantai batuhiu desa ciliang  kecamatan Parigi kabupaten Pangandaran, jumat 20/9/ 2019.

 Rangga selaku ketua panitia  Ruat Jagat sila saamparan mengatakan,  even ini adalah bentuk budaya kearipan lokal yang sudah turun temurun biasa dilakukan satu tahun sekali oleh warga sekitaran pantai batuhiu desa ciliang kecamatan Parigi kabupaten Pangandaran.

Dikatakan rangga, ruat Jagat artinya kita bersama-sama menjaga alam dan sekitarnya, kemudian sila saamparan artinya kita duduk bersama diatas hamparan tikar dengan tidak membeda-bedakan status sosial.

Ruat jagat sila saamparan ini dikemas dalam bentuk even batuhiu culture festival 2019 dengan rangkaian kegiatan lomba seni budaya ronggeng gunung yang diikuti oleh pelajar SLTP sebagai kabupaten Pangandaran." Imbuhnya.

Bupati Pangandaran H Jeje wiradinata dalam sambutannya menyampaikan, dalam prosesi budaya ruat jagat sila saamparan ini banyak simbol simbol yang bisa diambil misalnya, merawat alam harus menjadi komitmen dan tanggung jawab kita bersama.begitu juga dalam melestarikan budaya daerah sehingga kegiatan ini bisa memperkaya khasanah kebudayaan yang ada di kabupaten Pangandaran.

Untuk membangun Pangandaran lebih maju, lets go back to nature, kata bupati, karena even seperti ini bisa dikemas lebih natural tapi cantik,  harus juga dibangun kebersamaan seluruh warga masyarakat dalam berbagai sektor khususnya dalam kegiatan budaya seperti ini.

" Tapi saya titip, budayanya boleh maju tapi aqidahnyapun mesti tetap bisa terjaga. "Tegas bupati.

" Tahun depan, ruat jagat sila saamparan ini mari kita selenggarakan supaya lebih besar dan semarak, nanti setiap SKPD bawa tumpeng dan ditandu bersama juga, " kata bupati

Bupati mengatakan bahwa, kegiatan ini akan saya bawa ke ajang beauty Contes di Tiongkok pada tanggal 6 hingga 10 November 2019, (Anton AS)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu