Bupati Pangandaran Buka Gebyar Cuci Tangan Sedunia

antonatong, 15 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANFARAN - gebyar hari cuci tangan sedunia tingkat kabupaten diikuti oleh 1000 orang siswa-siswi sekolah dasar dan dipusatkan di lapang taruna Cijulang kabupaten pangandaran, senin 15/10/2019.

Hadir pada kegiatan itu kepala dinas kesehatan Drg Yani Achmad Marzuki MKes, kepala bagian Humas dan keprotokolan Setda H Wawan Kustaman Spd MM, kepala bagian umum Setda Drs Dedih Rachmat M.SI, camat Cijulang Boy Warisman S.Sn MM.

Dalam sambutannya Bupati menerangkan bahwa, upaya dan program telah dan sedang dijalankan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di kabupaten pangandara.

" Untuk menciptakan Pangandaran sehat, telah dibangun berbagai hal, dan sebagian kita perbaiki secara bertahap " ujar bupati dalam sambutannya. 

Menurut bupati, sarana dan prasarana tersebut diantaranya membangun 12 puskesmas setara hotel bintang 3 beserta alat kesehatannya, pembangunan RSUD pandega, layanan kesehatan gratis dll.

" Untuk menciptakan sehat itu mahal, sakit itu tidak enak, oleh karena itu pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana lingkungan yang baik dan bersih, tentu perilaku individu menjadi bagian yang penting dalam rangka menciptakan individu, keluarga kampung dan desa serta kabupaten yang sehat, " tegasnya.

Pola hidup yang sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari (PHBS), misal : makan yang teratur memenuhi empat sehat lima sempurna, mandi pakai sabun dan olahraga. 

Ada beberapa penyakit yang penyebarannya melalui media tangan, oleh karena itu untuk memperingati hari cuci tangan sedunia maka diadakan ini, " paparnya.

Bupati berharap agar cuci tangan yang diadakan ini tidak hanya seremonial saja namun harus dilaksanakan dan digebyarkan."

Di sekolah sekolah harus digebyarkan dan sarananya harus memenuhi kaedah cuci tangan pakai sabun dan upaya ini dilakukan biar ini menjadi gerakan yang inovative dan masive di seluruh kabupaten Pangandaran.

Sementara itu kadis kesehatan bahwa kegiatan ini dilaksanakan melibatkan siswa siswi SD agar mereka bisa menerapkan pola hidup sehat sejak dini. 

Kegiatan ini harus dijadikan kegiatan rutin tahunan, mari kita tanamkan pola hidup bersih dan sehat melalui cuci tangan, " ujarnya. (Anton AS).

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu