Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) Karya Mukti Desa Emplak Membangun Wisata Karangnini Bersama Perhutani KPH Ciamis

nanangsuryana, 09 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN ( Jawa Barat )- Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) adalah lembaga Kemasyarakatan yang berkedudukan di sekitar hutan dan merupakan bagian dari Pemerintahan Desa dan bukan underbouw Perhutani. LMDH merupakan Bagian dari pemerintah Desa karena yang mengukuhkan ketuanya adalah Kepala.Desa. Perhutani yang memiliki kewenangan dalam pengelolaan hutan Hutan Negara sebagaimana tertuang dalam PP 72 Tahun 2010 adalah sebagai Mitra Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ).

Pada hari Selasa (8/10/2019) bertempat di Lokasi Wisata Karangnini  telah terjadi negosiasi dan Pembahasan Proporsi Sharing  Kerjasama antara ACU HERNADI Selaku Ketua LMDH KARYA MUKTI   dengan  PT. MUSTIKA ASIH INDOTAMA yang di wakili oleh DEN ATO Selaku Komisaris Perusahaan.  Hadir dalam pada kesempatan itu sekaligus  menyaksikan  Eko Singgih Kurniawan Selaku Kepala Resort Pemangkuan Hutan Kalipucang Perhutani BKPH Pangandaran, Wagiman Selaku Tokoh masyarakat Desa Hutan sekaligus masyarakat Peduli Pariwisata ,  Supardi selaku Ketua Kelompok Pedagang Pariwisata Karangnini, Maman Sukirman selaku pengelola Wisata  dan Tim Perencanaan Penataan Pariwisata dari PT. MUSTIKA ASIH INDOTAMA.

Dalam Kesempatan itu  Den Ato menjelaskan maksud dan tujuan terkait  pengelolaan Wisata  Karangnini.

" Kami atas nama PT. Mustika Asih Indotama datang kesini  bermaksud bersilaturahmi dengan Warga Desa Emplak sekaligus mau  menjalin  kerjasama Pengelolaan Wisata Karangnini. Dalam Kerjasama ini tentu Masyarakatlah (LMDH ) Karya Mukti yang sangat berperan penting , karena yang bakal terjun langsung dalam pelaksanaan adalah masyarakat. Kami PT. MUSTIKA ASIH INDOTAMA hanya Pimilik modal dan PERUHTANI sebagai pengelola Kawasan yang di beri amanah oleh Pemerintah"  ungkapnya.

Dalam keterangannya Den Ato Menegaskan " Jadi dalam Kerjasama ini Masyarakat ( LMDH ) Karya Mukti  juga mempunyai hak dan kewajiban untuk mencapai tujuan yang sama yaitu menjadikan Wisata Karangnini supaya mempunyai nilai jual sehingga dapat Mensejahterakan Semua Pihak " Tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga Eko Singgih mengatakan dan Menyarankan kepada Pihak Perusahaan .

" Sebelum Perjanjian Kerjasama ini di tanda tangani agar Pihak PT. MUSTIKA ASIH INDOTAMA melakuan komunikasi dengan LMDH terkait Lokasi Wisata Jembatan Cinta Muara Cipangbokongan sehubungan di lokasi itu sudah ada Perjanjian Kerjasama Antara Perhutani dan LMDH Karya Mukti, semua harus clear dulu supaya di kemudian hari tidak terjadi hal yang tidak di inginkan " Katanya.

Pada akhirnya semua berharap semoga  hasil pertemuan ini bisa di implementasikan dan membawa berkah kepada semuanya. ( Nang.Surya)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu