Rencana Pembangunan Alun-Alun Pangandaran Tahun 2020

antonatong, 27 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN - Di tahun 2020 kabupaten Pangandaran membangun kantor sekretariat daerah dan juga dibangun alun-alun alun kabupaten Pangandaran dengan anggaran 18 milyar rupiah.

Demikian disampaikan Bupati Pangandaran H  Jeje Wiradinata  pada pidatonya di acara rapat paripurna dengan DPRD di ruang rapat paripurna DPRD kabupaten Pangandaran Selasa 26/11/2019.

Dikatakan Bupati bahwa, 7 tahun kabupaten Pangandaran terus berbenah, salah satunya bidang infrastruktur, dan untuk tahun 2020 kedepan  diantaranya kita akan  membangun komplek kantor pemerintahan diawali dengan  pembangunan fisik gedung sekretariat daerah di  kawasan desa  cintakarya kecamatan  Parigi kabupaten Pangandaran.

Pembangunan alun alun ini adalah salah satu bagian penunjang dari program pemerintahan provinsi Jawa barat yang sedang "ngabret" melakukan percepatan pembangunan di provinsi Jawa barat ini.

Sesuai dengan visi Pangandaran,  sebagai "tujuan wisata berkelas dunia " maka, pembangunan alun alun kabupaten Pangandaran ini akan menjadi ruang publik yang mengakomodir kebutuhan publik , institusi maupun pemerintah daerah dengan memperhatikan kultur, potensi, filosofi serta karakter kawasan " tandas Jeje".

Di alun alun Pangandaran ini akan terdapat beberapa penunjang diantaranya, pintu masuk utama, pelataran upacara, taman kecil, taman bermain, area hijau, pelataran pandang, entrance, parkir mobil (dibawah lapangan olah raga), food court, UMKM, Amphiteater, dan untuk tempat parkir 80han kendaraan. 

Kemudian Bupati lebih detail menerangkan bahwa areal parkir ini disediakan diseminasi basemen yang diletakan dibawah pelataran tempat upacara dan penempatan ini memanfaatkan perbedaan ketinggian tapak.

Areal upacara ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan format pemerintahan maupun kegiatan masal lainnya dan ketika dibutuhkan, ruangan ini bisa membesar kesisi Utara dan Selatan.

" Korsi Raflesia sisi Utara dan Selatan ini merupakan area utama alun alun dengan skala ruang yang lebih kecil.

Kursi ini di design  seperti bunga raflesia Padma khas Pangandaran yang menurut bupati, biasa berbunga setahun sekali dan bunga ini adalah salah satu simbol kabupaten Pangandara.

Kursi raflesia ini salah satu elemen taman yang mengangkat keHassan kekayaan alam Pangandaran." Terangnya. 

" Di area  pandang dan shelter designnya dengan corak Honje".

Honje atau kecombrang (eltingera elatior) menurut bupati adalah  sejenis tumbuhan rempah yang tumbuh dan banyak ditemukan di Pangandaran. Tumbuhan tahunan ini berbentuk terma dan bunga, buah dan bijinya digunakan sebagai bahan penyedap rasa sayuran," katanya.

Taman baca atau ruang display berada dibawah pelataran pandang dan dapat dicapai dari pelataran UMKM maupun dari basement.

Dari Dek pandang alun alun Pangandaran dapat melihat pantai Pangandaran dan panggung kesenian. Dek ini merupakan area antara lapangan upacara formal dan area Amphiteater yang lebih dinamis dan santai.

Di area play ground disediakan tempat bermain anak yang dilengkapi dengan permainan menarik dan moderen serta kelengkapan pengamanan yang baik.

Aphitheatre berbentuk punggung penyu Pangandaran dan menjadi area untuk pentas kesenian dan acara budaya.

Konsep amphitheater memiliki tempat duduk yang dinamis memungkinkan pengunjung bisa menonton sambil piknic di area rumput hijau yang memandang kearah panggung, "ungkapnya. H.W.K (Anton AS)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu