Resmikan Gedung Perpustakaan Digital, Bupati Purwakarta: Dibangunnya Perpustakaan Digital Merupakan Program Lanjutan dari Purwakarta Berkarakter

INDONESIASATU.CO.ID:

PURWAKARTA -  Perkembangan Digitalisasi telah merambah kedalam berbagai unsur kehidupan masyarakat tidak terkecuali di Indonesia. Beranjak dari hal tersebutlah maka, Kabupaten Purwakarta membangun Gedung Perpustakaan Nasional yang berbasis Digital. Dengan adanya atau dibangunnya perpustakaan Digital ini maka diharapkan bisa membuat masyarakat lebih tertarik untuk membaca.  

Perpustakaan digital adalah bentuk perpustakaan yang keseluruhan koleksinya memakai format digital yang disusun dalam sebuah arsitektur komputerisasi. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.

Tepat hari ini tanggal 12/02/19 bertempat di Gedung Perpustakaan Digital acara peresmian sekaligus penyerahan Mobil perpustakaan Keliling bantuan dari Kantor Perpustakaan Nasional yang di laksanakan serta di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Purwakarta, PERPUSNAS, Perwakilan dari Kantor Perpustakaan seluruh Jawa Barat, seluruh unsur jajaran Pejabat Pemerintah se-Kabupaten Purwakarta dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengucapkan terimakasih kepada Kantor Perpustakaan Nasional atas bantuan Mobil Perpustakaan Keliling yang telah diberikan sebagai bentuk dukungan dalam memberikan fasilitas yang memadai untuk Masyarakat. Anne Mangatakan bahwa “Dibangunnya Perpustakaan Digital tersebut merupakan Program lanjutan dari Purwakarta Berkarakter, yang dimana gagasan tersebut merupakan inisiasi dari mantan Bupati purwakarta Dedi Mulyadi”.

“Di bangunnya Perpustakaan Digital saya berharap Masyarakat bisa dengan mudah dalam mengakses kebutuhan mendapatkan Informasi dan ilmu pengetahuaan, menggerakan kembali minat baca kepada masyarakat. Kabupaten Purwakarta sudah memiliki 367 perpustakaan binaan se-Kabupaten Purwakarta dan 15 taman bacaan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya anak-anak sekolah. Dengan memeberikan fasilitas yang memadai maka, pemerintah Kabupaten Purwakarta mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) karena merupakan sumber utama bagi Kemajuan Bangsa dan Negara”. Ujar Anne dalam acara peresmian tersebut.

Anne menambahkan, Perpustakaan Digital yang dibangun oleh Pemerintah kabupaten Purwakarta tujuannya adalah bekerjasama dengan kantor Perpustakaan Nasional dalam mensukseskan Indonesia Gemar Membaca 2019 dengan tema “Terwujudnya Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan”. Imbuhnya. (KY)

  • Whatsapp

Berita Terkait

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita