Bupati Bogor, Rudy Susmanto, resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan 45 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Pelantikan yang berlangsung di Pendopo Bupati, Cibinong, Kamis (19/6/2025), ini merupakan bagian dari penyegaran organisasi dan strategi percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor.
Rudy Susmanto menjelaskan bahwa rotasi dan mutasi jabatan merupakan hal yang lazim dalam pemerintahan. Tujuannya adalah untuk penyegaran organisasi dan optimalisasi kinerja aparatur sipil negara (ASN). Hal ini juga diharapkan dapat mempercepat pembangunan di berbagai sektor.
Penyegaran ini difokuskan pada percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, serta pengembangan sektor pendidikan dan kesehatan. Prioritas ini sangat penting, terutama karena tahun anggaran 2025 telah memasuki semester kedua. Dengan demikian, diharapkan pembangunan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Daftar Pejabat Eselon III dan IV yang Dilantik
Berikut daftar lengkap 45 pejabat eselon III dan IV yang dilantik dan diambil sumpahnya pada tanggal 19 Juni 2025. Daftar ini mencakup nama, jabatan, dan latar belakang pendidikan masing-masing pejabat. Informasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai perubahan dalam struktur pemerintahan Kabupaten Bogor.
- Edy Mulyadi, S.T., M.T. – Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan
- Gantara Lenggana, S.Sos., M.Si – Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Riri Agustina Lubis, S.Si., M.Pd – Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3) pada Dinas Lingkungan Hidup
- Harry Hazarul Akbar, S.H., M.H – Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
- Masturo, S.Sos – Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan
- Sigit Darsono, S.T. – Sekretaris Kecamatan Leuwisadeng
- Ujang Supardi, S.T. – Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Rachmat Kurnia, S.E., M.M. – Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan
- Rizki Akbar, S.Sos – Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Heru Haerudin, S.T. – Kepala UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah II pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Surya Ahmad Maulani, S.STP – Kepala Seksi Pemerintahan pada Kecamatan Gunung Putri
- Ahmad Bujang Saleh, S.Sos., M.A. – Kepala Sub Bagian Rumah Tangga pada Bagian Umum pada Sekretariat Daerah
- Eko Sulistianto, S.T., M.M. – Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan pada Kecamatan Caring
- Aldino Putra Perdana, S.T. – Kepala UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah V pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Ade Rahmat Hidayat, S.E – Kasie Pemerintahan pada Kelurahan Atang Sanjaya Kecamatan Kemang
- Frilyana Wahyu Ramdani, S.AP – Kasubag Tata Usaha UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah V pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Abdul Muis, A.Md – Kasubag Tata Usaha UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah X pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Rima Melani, S.E – Kasubag Tata Usaha UPT Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Kelas A pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Eka Novari, S.STP., M.A – Kepala Bagian Umum pada Sekretariat Daerah
- Iin Kamaluddin, S.E., M.M – Sekretaris Kecamatan Gunung Putri
- Arie Fikriansyah, S.Kom., M.A – Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan
- Ika Atikah, S.Sos., M.M – Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian pada Bagian Umum pada Sekretariat DPRD
- Raden Aditia Rusli Hakim Wirasenjaya, S.H., M.A – Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat pada Kecamatan Klapanunggal
- Muhammad Nawawi, S.E., M.M – Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur pada Bidang Pembinaan Satuan Polisi Pamong Praja
- Rizki Setiawan, S.IP – Kepala Sub Bagian Keuangan pada Sekretariat Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Guntur Edward Alam Permana, S.Kom., M.M – Kepala Sub Bidang Pendataan pada Bidang Pendataan dan Penilaian pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Eka Noviana Daryatmo, S.E., M.M – Kasubag Keuangan pada Sekretariat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
- Gilang Satria Prayoga, S.Si – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah
- Delliane Ukman (Nunie), S.P., M.M – Kepala Bidang Pendataan dan Penilaian pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Hadi Permana, S.H – Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan Daerah pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Bambang Sujana, S.E., M.Si – Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiagaan Bahaya Kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran
- Cepi Triana Iskandar, S.Kom., M.Si – Kepala Bidang Pelayanan dan Penetapan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Perry Herdiansyah, S.E – Kepala Sub Bidang Pelayanan pada Bidang Pelayanan dan Penetapan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Tina Nurfatma, S.T., M.M – Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Sekretariat Kecamatan Caring
- Sinta Agustina, S.E., M.M – Kasubag Tata Usaha UPT Pajak Daerah Kelas A Caringin pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Atef Taofik Kamilah, S.Sos – Kasubag Tata Usaha UPT Pajak Daerah Kelas A Ciomas pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Mochamad Cecep Iskandar, S.Ag., M.Si – Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum pada Kecamatan Cibinong
- Hendra Supriatna, S.Sos., M.A.P – Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat pada Kecamatan Sukaraja
- Ardian Hendraswara, S.E – Kepala UPT Pajak Daerah Kelas A Citeureup pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Danar Wijanarko, S.STP – Kasubag Tata Usaha UPT Pajak Daerah Kelas A Citeureup pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- Ine Kusmawati, S.E., M.A – Kasubag Tata Usaha UPT Pajak Daerah Kelas A Leuwiliang pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah
- dr. Agus Fauzi, M.Kes – Wakil Direktur Pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi
- Irman Gapur, SKM., M.A. – Sekretaris Dinas Kesehatan
- Bambang Edi Santoso, S.Kep., Ners – Kepala Bagian Tata Usaha pada Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi
- Yeti Kurnia Ningsih, S.Sos – Kasubag Verifikasi dan Pelaporan pada Bagian Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi
Pelantikan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintahan Kabupaten Bogor dalam melayani masyarakat. Bupati Rudy Susmanto menekankan pentingnya amanah dan kerja maksimal dari para pejabat yang baru dilantik, mengingat jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang hampir mencapai 6 juta jiwa.
Proses seleksi dan penempatan pejabat ini perlu dikaji lebih lanjut untuk memastikan transparansi dan profesionalisme. Mekanisme yang jelas dan terukur akan membantu meminimalisir potensi kolusi dan nepotisme dalam proses pengangkatan pejabat. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap pemerintahan.
Ke depannya, perlu ada evaluasi berkala terhadap kinerja para pejabat yang dilantik untuk memastikan efektivitas program-program pembangunan. Sistem monitoring dan evaluasi yang baik akan membantu Pemkab Bogor dalam mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.
Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kesinambungan program pembangunan. Pergantian pejabat tidak boleh mengganggu jalannya program yang sudah berjalan, sehingga perlu adanya penyerahan tugas dan tanggung jawab yang terstruktur dan terdokumentasi dengan baik.
Transparansi dalam proses pengangkatan dan pergantian pejabat juga sangat penting. Pemkab Bogor diharapkan dapat terus meningkatkan akses informasi publik mengenai proses pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik.
Tag
Pemkab Bogor, Rotasi Pejabat, Rudy Susmanto